Selasa, 30 November 2010

Cara Mengedit Foto Agar Fokus Pada Objek


Berikut ini cara mengedit sebuah foto agar fokus pada sebuah objek atau sebagian objek saja. Ini berguna apabila kita ingin menunjukan hal terpenting dalam sebuah foto kepada para pemirsa foto kita. Atau dengan kata lain, kita bisa "memaksa" agar para orang yang melihat foto kita bisa mengabaikan objek-objek lain pada foto. Teknik ini biasa digunakan dalam pembuatan film untuk memfokuskan pada objek tertentu saja, sehingga para penonton film tidak bingung dengan tokoh mana yang seharusnya diperhatikan.
Namun jika kamera anda tidak secanggih kamera di pembuatan film, anda tidak perlu khawatir, karena kita bisa mengeditnya menggunakan photoshop. Selain terlihat lebih fokus, foto kita juga terlihat lebih artistik.
Berikut ini caranya.
1. Buka gambar yang ingin di edit di photoshop.
Sebagai contoh, kangmoes menggunakan foto yang kangmoes ambil di jalan.

 2. Gandakan layer background dengan menekan tombol Ctrl+J
3. Maka akan terbentuk layer baru di sebelah kanan.


4. Tambahkan sedikit Gaussian Blur
 


5. Misalnya pada foto ini, kangmoes menambahkan 4.5 gaussian blur
Hasilnya, foto akan terlihat lebih kabur.


6. Tambahkan mask pada Layer 1 dengan cara klik menu Layer > Layer Mask > Reveal All
maka di sebelah kanan layer akan muncul sebuah kotak kecil berwarna putih seperti pada gambar di bawah ini


7. Tekan tombol B untuk mengaktifkan Brush Tool
8. Lalu usapkanlah pointer mouse anda yang sudah berubah menjadi Brush Tool tersebut pada objek di foto anda yang ingin anda tonjolkan.
Misalnya pada foto ini kangmoes ingin menonjolkan mobil Avansa / Xenia yang sedang lewat, maka kangmoes mengusap pada mobil tersebut. Dan hasilnya .... mobil tersebut tampak lebih jelas daripada objek2 lain disekitarnya.
 
Lihat, mudah bukan?
Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa menggunakan ukuran Brush yang lebih kecil dan lebih berhati-hati. Kangmoes yakin, hasilnya akan lebih bagus dari proyek buru-buru kangmoes ini. Selamat bereksperimen untuk memfokuskan objek pada foto anda sendiri. Semoga bermanfaat.
Oh ya, ada yang kelupaan. Silakan simpan file anda dengan menekan tombol Ctrl+S. Jangan lupa, simpan file hasil memfokuskan objek tersebut dalam format JPG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar