Selasa, 30 November 2010

Temuan Topeng Romawi Kuno

Topeng Romawi Kuno Ditemukan di Inggris
Jumat, 17 September 2010 | 18:51 WIB
A A A Dibaca 201 kali
CUMBRIA, TRIBUN - Satu bukti lagi bahwa kerajaan Romawi pernah menguasai Inggris ditemukan. Beberapa waktu silam, seorang warga Cumbria, Inggris, yang identitasnya dirahasiakan, menemukan sebuah topi dan topeng perunggu peninggalan Romawi abad pertama Masehi. Benda itu ditemukan penemunya, yang hanya menggunakan peralatan amatir, detektor logam, di sebuah lahan kosong.

Banyak yang meyakini bahwa temuan itu merupakan satu di antara tiga benda kuno sejenis yang ditemukan di Inggris. Topi perunggu itu sebagai tanda kebesaran serdadu Romawi dalam parade olah raga. Ini berarti penemuan ketiga kalinya benda yang hampir sama. Pada 1796 dan 1905, benda yang sama pun ditemukan warga.

Kini, penemuan itu tersimpan di balai lelang antik, Christie's, yang berkedudukan di London. Bahkan, dalam lelang yang berlangsung 7 Oktober, prediksinya, penemuan itu dapat terjual senilai 300 ribu poundsterling.

Christie's menggambarkan penemuan itu sebagai contoh luar biasa sekaligus adi karya logam Romawi, dan juga penemuan langka bagi warga yang hobi mencari barang kuno berharga yang hanya menggunakan alat berupa detektor logam.

Orang Romawi mengenakan topi perunggu itu sebagai penunjuk pangkat atau kehebatan dalam seni menunggang kuda. Dalam acara olah raga, serdadu kavaleri Romawi terbagi dua kelompok. Mereka menyerang dan bertahan secara bergantian.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar